Sat Polair Gencar Patroli di Perairan Tanjung Balai Asahan

1 min read

Tanjung Balai – Sat Polair Polres Tanjung Balai gencar melaksanakan patroli di perairan Tanjung Balai Asahan, Sabtu (31/10/2020).

“Patroli ini untuk melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjung Balai,” kata Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira saat dikonfirmasi wartawan.

Sebelum pemeriksaan kapal, petugas patroli melakukan pemeriksaan suhu tubuh awak kapal dengan alat Termo Acan. Hasil pemeriksaan kapal, dokumen lengkap muatan kapal berupa piber berisi ikan dan jaring serta tidak ada ditemukan barang – barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

Usai pemeriksaan, petugas patroli sosialisasi adaptasi kebiasaan baru tentang pencegahan virus corona kepada awak kapal nelayan Kota Tanjung Balai.

“Antara lain agar masyarakat tetap mengikuti perkembangan Covid-19, imbauan pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan hindari kerumunan,” terang Putu.

Petugas patroli juga mengajak masyarakat nelayan menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan membantu petugas Sat Polair untuk memberikan informasi jika ada mengetahui masyarakat atau orang (TKI Ilegal) yang masuk dengan cara menumpang di kapal pengangkutan/ kapal ikan serta juga kapal yang mencurigakan membawa barang-barang ilegal seperti Ballpress dan narkoba.

“Dalam patroli tersebut tidak ada kejadian menonjol dan penegakan hukum. Situasi wilayah hukum Sat Polair Polres Tanjung Balai dalam keadaan aman dan terkendali,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *