Ini Manfaat Nangka

4 min read

Kuning, sedikit berduri di bagian luar, dan memiliki bau yang menyengat. Mungkin, ini yang ada di pikiran Anda ketika mendengar buah nangka. .

Buah yang memiliki nama latin Artocarpus Heterophyllus ini, banyak ditemukan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Buah ini juga bisa ditemukan di beberapa negara lain yang ada di Asia, Afrika hingga Amerika Selatan.

Bagian yang bisa dikonsumsi, tidak lain adalah buah yang ada di dalam kulit kasarnya itu. Ya, daging buahnya bisa dimakan begitu saja atau diolah menjadi gorengan atau keripik.

Tapi, bagian buah nangka yang bisa dikonsumsi ternyata bukan hanya itu saja, lho. Biji dari buah nangka juga masih bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi dengan cara merebusnya hingga empuk.

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, buah ini juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Berikut nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah nangka.

Kandungan Nutrisi dalam Nangka

Karbohidrat Kompleks.
Serat.
Protein.
Vitamin A, B, dan C.
Mineral yang meliputi, Kalium, Tembaga, dan Mangan.
Antioksidan
Air.

Namun, apa saja manfaat nangka beserta kandungan tersebut bagi tubuh? Berikut uraiannya.

7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Mengurangi Risiko Kanker

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research, nangka mengandung sebuah zat yang bersifat sebagai antioksidan. Zat tersebut diketahui bernama phytochemical. Zat ini, secara alami memang didapatkan di beberapa buah dan sayur.
Menurut riset tersebut, zat ini biasa digunakan untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam laboratorium. Zat ini biasanya disemprotkan ke dalam ruangan laboratorium untuk membuatnya tetap higienis.

Dalam kata lain, phytochemical juga mampu menghalau radikal bebas yang masuk ke tubuh. Phytochemical akan menghalau karsinogen (penyebab kanker) dalam memproduksi sel kanker dan pertumbuhan tumor dalam tubuh melalui darah.

Setelah itu, virus atau bakteri tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan phytochemical melalui feses.

Menyembuhkan Sembelit

Tidak hanya itu, buah dengan tekstur basah dan sedikit garing ini juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, kebutuhan tubuh akan serat juga akan terpenuhi jika mengonsumsi buah ini.
Jadi, bagi Anda yang sering sulit buang air besar atau sembelit disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Mengurangi Tekanan Darah

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA), nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium. Zat ini diperlukan oleh tubuh untuk mengurangi tekanan darah.
Mengonsumsi buah nangka secara rutin sangat disarankan kepada mereka yang memiliki penyakit darah tinggi. Sebab, potasium yang ada di dalam buah ini diperlukan oleh tubuh untuk mengurangi tekanan yang diciptakan oleh dinding pembuluh darah.

AHA merekomendasikan, untuk mengonsumsi 4.700 miligram (mg) potasium seharinya. Biasanya dari satu cup berisi irisan buah nangka, seseorang bisa mendapatkan 739 mg potasium.

Jadi, silakan sesuaikan takaran buah yang dikonsumsi agar mendapatkan jumlah potasium yang tepat (tidak kekurangan maupun kelebihan).

Meningkatkan Imun Tubuh

Musim hujan dan virus COVID-19 yang masih menghantui seluruh dunia, menuntut semua orang untuk terus meningkatkan sistem imun tubuh. Agar, tetap bisa beraktivitas dengan normal.
Biasanya, peningkatan sistem imun tubuh bisa dilakukan dengan menambah asupan vitamin C ke dalam tubuh. Selain bisa didapatkan di dalam suplemen, vitamin C juga banyak ditemukan pada buah nangka. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

“Double penolong” inilah yang berfungsi untuk melindungi dan membunuh virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, menghindarkan diri dari penyakit.

Kandungan tersebut juga yang membuat buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami pemulihan. Baik dari cedera luka yang terbuka, maupun seusai operasi. Sebab, buah nangka dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka.

Menambah Kecantikan Kulit

Buah nangka, juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sangat memerhatikan kesehatan kulit. Selain memanjakan diri dengan segudang produk skincare. Ada baiknya jika Anda juga memerhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.
Ya, buah berwarna kuning ini mengandung zat kolagen yang dibutuhkan tubuh untuk memelihara kelembutan dan kekencangan kulit. Dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin, kulit akan ternutrisi dari dalam. Jadi, kulit Anda pun akan terlihat lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada di dalam buah nangka, juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
Mengonsumsi buah nangka secara rutin, bisa mengurangi kemungkinan penyakit mata. Seperti, rabun senja dan degenerasi makula.

Menjadi Sumber Energi dalam Tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah nangka mengandung kalori baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi. Tidak hanya itu, buah nangka juga merupakan salah satu sumber gula. Gula sendiri merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.
Baiknya lagi, buah ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Jadi, Anda akan mendapatkan ribuan manfaat dalam satu gigitan.

Efek Samping yang Ditimbulkan Buah Nangka

Memang buah nangka memiliki berjuta manfaat. Namun, pengonsumsiannya juga harus dalam batas wajar. Salah-salah bukan manfaat yang didapatkan, justru penyakit lain yang muncul hanya karena memakan buah tanpa musim ini terlalu banyak.

Naiknya Kandungan Gula dalam Darah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah kuning dengan rasa manis ini merupakan sumber gula alami. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.
Sebab, mengonsumsi nangka dalam jumlah besar akan memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Para penderita diabetes disarankan hanya mengonsumsi 2-3 porsi saja per harinya. Agar manfaat lainnya juga bisa dirasakan oleh tubuh dan tidak memicu penyakit lainnya.

Alergi

Tidak semua orang bisa mengonsumsi buah nangka. Meskipun, orang tersebut tidak merasa terganggu sama sekali dengan rasa atau baunya yang lumayan menyengat.
Mengapa demikian? Beberapa orang memiliki alergi ketika memakan makanan dengan tekstur seperti lateks yang disuguhkan oleh buah nangka. Jika dipaksakan mereka akan muncul anaphylactic shock yang terjadi karena alergi tersebut.

Namun, sebenarnya alergi-alergi tersebut merupakan kejadian yang jarang terjadi. Apalagi di kalangan penduduk Asia.

Tidak Mengolah Kalium dengan Baik
Penderita ginjal, juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah nangka karena buah ini mengandung zat natrium.
Jika dikonsumsi secara berlebihan, tubuh tidak bisa mengolah kalium (zat olahan dari natrium) dengan cukup baik.

Konsumsi Secukupnya agar Mendapatkan Manfaat Sebanyak-Banyaknya
Bentuknya yang unik dan bukan merupakan buah “sehari-hari” seperti jeruk dan apel, membuat banyak orang tidak menyadari bahwa banyak sekali manfaat nangka untuk kesehatan dan kecantikan.
Namun, tetap perlu diingat bahwa semua yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, termasuk saat mengonsumsi buah ini. Jadi, tetap perhatikan takarannya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *