KPU Sergai Belum Tetapkan Soekirman-T Ryan Jadi Paslon

1 min read

Rampah – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Serdang Bedagai (Sergai) belum mengumumkan Soekirman-T Ryan Novandi sebagai pasangan calon (paslon). Pada rapat pleno yang digelar, KPU Sergai hanya mengumumkan nama Darma Wijaya-Adlin Tambunan sebagai paslon di Pilkada Sergai 2020.

Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya mengatakan, hal tersebut mereka lakukan mengingat hingga saat ini Soekirman belum melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu tahapan dalam masa pendaftaran yang harus dilalui oleh seluruh bakal pasangan calon (bapaslon).

“Jadi, pengumuman pasangan ini sifatnya kita tunda hingga yang bersangkutan mengikuti pemeriksaan kesehatan,” katanya, Rabu (23/9).

Penundaan penetapan terhadap bapaslon yang menjalani isolasi akibat Covid-19 diatur dalam PKPU nomor 10 tahun 2020. Dalam aturan tersebut mereka diberikan waktu selama 20 hari terhitung sejak terkonfirmasi Covid-19 dan sudah dinyatakan negatif.

“Masa isolasi kan 14 hari terhadap orang yang terkonfirmasi Covid-19. Setelah 14 hari, maka yang bersangkutan akan menjalani swab. Jika hasilnya sudah negatif, maka yang bersangkutan akan ke RSUP H Adam Malik untuk menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini sendiri masuk dalam masa 20 hari yang dimaksudkan dalam aturan tersebut. Dalam kurun waktu tersebut, KPU Sergai juga akan melakukan verifikasi faktual terhadap seluruh berkas pendaftaran bakal calon.

“Jika sudah selesai semua, dan dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya pasangan ini akan ditetapkan menjadi paslon Pilkada Sergai 2020,” terang Edrian.

KPU Sergai berharap, seluruh lapisan masyarakat memahami prosedur dan aturan yang sedang berlangsung di Pilkada Sergai terkait belum ditetapkannya pasangan Soekirman-T Ryan Novandi sebagai pasangan calon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *