Ngaku TNI, Pria Ini Ditangkap – Jarrak POS
Connect with us

Berita

Ngaku TNI, Pria Ini Ditangkap

Published

on

Medan – Petugas mengamankan seorang tentara gadungan bernama Muslianto (52) di Medan, Sumatera Utara. Penangkapan ini berawal dari Babinsa melihat ada kejanggalan pada seragam yang dipakai pria tersebut.

“Personel Kodim/0201 BS bekerja sama dengan Satreskrim Polrestabes Medan telah mengamankan oknum TNI gadungan bernama Muslianto, warga Medan Johor,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah Tobing kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Martuasah menjelaskan pada Kamis (30/7), seorang Babinsa, Serka H Purba, berpapasan dengan seorang pria memakai seragam TNI di Jalan Luki, tidak jauh dari flyover Simpang Pos. Kemudian, personel tersebut melihat kejanggalan pada seragam yang dipakai pria tersebut.

“Saat berpapasan di atas sepeda motor, Serka H Purba melihat seragam PDL yang dipakai Muslianto tidak sesuai aturan yang berlaku,” sebut Martuasah.

Karena curiga, petugas membawa Muslianto ke Koramil 05/ MB. Di sana, pria tersebut diperiksa dan ternyata dia membawa senjata airsoft gun, satu pisau sangkur, dan seragam TNI. Ia juga membawa identitas KK, KTP, SIM yang sudah dipalsukan. Setelah itu, Muslianto langsung dibawa ke Polrestabes Medan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Martuasah menyebutkan, pelaku mengakui perbuatnanya telah melakukan tindak pidana membawa, menyimpan, menyembunyikan senjata tajam dan/atau menempatkan keterangan palsu pada akta autentik.

“Dia mengakui perbuatannya. Selama 12 tahun, Muslianto melakoni identitas sebagai prajurit TNI AD. Namun kedoknya telah terbongkar. Pelaku mengaku sebagai TNI dengan maksud untuk gagah-gagahan dan agar disegani orang serta juga termotivasi,” ujar Martuasah.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 dan/atau Pasal 266 ayat (1) KUHP.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Distan Humbahas Akui 94 Hektar Tanaman Bawang Putih Gagal Panen

Published

on

By

Humbahas – Sebanyak 94 hektar program tanaman bawang putih di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang bersumber dari bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2019 tidak membuahkan hasil atau gagal panen.

Demikian disampaikan oleh Kadis Pertanian Humbahas Junter Marbun melalui Kabid TPH Yonepta Habeahan kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020).

Yonepta menjelaskan , jumlah program pertanaman bawang putih tahun 2019 di daerah itu seluas 250 hektar, dengan alokasi pupuk organik sebanyak 1.150 Kg. Namun yang berproduksi atau panen yang dilakukan pada tahun 2020 hanya seluas 156 hektar dengan jumlah produksi sebanyak 751 ton (basah), dan sisanya gagal panen sekitar 94 hektar.

Menurutnya, kegagalan panen itu disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor iklim atau cuaca.

“Ya, itu memang kita akui, ada sekitar 94 hektar yang gagal, menurut saya, itu di sebabkan beberapa faktor, salah satunya faktor iklim kemarau panjang,” sebutnya.

Di jelaskannya lagi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya , alokasi luas lahan untuk program pertanaman bawang putih sebanyak 50 hektar, kebutuhan benih sebanyak 25 ton, dan pupuk organik 2 ton per hektar.

Sementara jumlah produksi atau hasil panen yang dilakukan pada tahun 2019 sebanyak 80,48 ton (basah). Dengan rincian untuk benih 10 ton, dan dijual ke pasar 3,350 ton.

“Untuk tahun 2020 ini, belum ada panen. Masih tahap penanaman dengan alokasi luas lahan 50 hektar,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh benih bawang putih itu disalurkan ke masyarakat melalui kelompok tani (Poktan) sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 12 Tahun 2008. Untuk jumlah Poktan di daerah itu hingga saat ini, kata dia, sebanyak 1.340 Poktan.

“Dari data kita yang ada, hampir seluruh kelompok tani mendapatkan bantuan. Namun bantuannya berbeda-beda. Tidak satu jenis tiap daerah. Dan seluruh bantuan sosial yang disalurkan harus melalui wadah, yaitu kelompok tani,” ucapnya.

Selain bawang putih, lanjut dia menguraikan, tahun ini juga Pemkab Humbahas melalui Dinas Pertanian membuat pengadaan swakelola benih bawang merah yang bersumber dari anggaran biaya tidak terduga (BTT) hasil refocusing APBD TA 2020 untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp4,6 miliar lebih. Dengan rincian tahap pertama sebesar Rp1,94 miliar lebih, dan tahap kedua sebesar Rp2,66 miliar lebih.

“Luas lahan untuk program pertanaman bawang merah ini sebanyak 110 hektar. Dengan jumlah kelompok tani penerima sebanyak 260 kelompok. Dengan rincian, 500 Kg per kelompok tani.”tuturnya.(boy

Continue Reading

Berita

Aula Kamtibmas Polres Nias Disulap Jadi Ruang Belajar dengan Fasilitas Wifi

Published

on

By

Medan – Polres Nias menyulap aula Kamtibmas menjadi ruang belajar dengan fasilitas jaringan wifi bagi pelajar yang ada di Kota Gunungsitoli. Hal ini dilakukan dalam upaya membantu siswa belajar, namun terkendala internet.

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan mengatakan, ruangan ini disediakan untuk membantu siswa yang kini belajar secara daring.

“Penyediaan ruang belajar daring buat pelajar ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19,” ujarnya, Selasa (4/8/2020).

Dia mengatakan, ruang belajar daring dengan fasilitas Wifi gratis ini sudah dapat digunakan mulai Selasa hari ini.

“Kami harap ruang belajar ini dapat bermanfaat bagi adik-adik pelajar dan memberikan efek positif serta menambah semangat, terutama bagi yang terkendala dalam pembelian paket internet,” kata Kapolres.

Tidak lupa dia mengungkapkan, ruang belajar daring yang terbuka bagi para pelajar ini menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Fasilitas ruang belajar daring dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Ruang ini dapat menampung 30 pelajar dan menerapakan protokol kesehatan,” ujarnya.(aza/swl)

Continue Reading

Berita

Kapolres Labuhanbatu Diganti

Published

on

By

JAKARTA – Gerbong mutasi Polri kembali bergerak. Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengeluarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2250/VIII/KEP./2020 tertanggal 3 Agustus 2020.

Melalui telegram ini, ada 87 jabatan perwira menengah Polri yang dirotasi. Satu di antaranya Kapolres Pematangsiantar.

Pucuk pimpinan Polres Pematangsiantar kini dipimpin AKBP Boy Sutan Binangga Siregar. Sebelumnya dia menjabat sebagai Danyon A Pelpopor Satbrimob Polda Sumatera Utara (Sumut).

Boy menggantikan jabatan yang sebelumnya dipegang AKBP Budi Pardamean Saragih. Budi dipromosikan dengan jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Sumut.

Mutasi lainnya, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat dipromosikan sebagai Wadirresnarkoba Polda Sumut. Penggantinya yakni AKBP Deni Kurniawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nias.

Sementara jabatan Kapolres Nias kini diamanatkan kepada AKBP Wawan Iriawan. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditintelkam Polda Sumut.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Jarrakposmedan.com