Manfaat Ajaib Kopi untuk Wajah

2 min read

Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi tahukah Anda, kopi memiliki banyak khasiat, yang juga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Masyarakat di Indonesia rata-rata gemar minum kopi. Bahkan, minuman berkafein ini telah menjadi gaya hidup tersendiri. Entah sebagai penghilang kantuk atau teman saat bersantai, kopi menjadi pilihan favorit. Namun, tahukah Anda manfaat kopi? Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, melansir laman Copeman Health Care, kopi ternyata bagus juga untuk kecantikan.

Seiring perkembangan teknologi dunia kecantikan, makin banyak produk serta perawatan kecantikan canggih yang dapat mendukung penampilan dan membuat wajah semakin mulus. Meski demikian, jangan melupakan bahan-bahan alami di rumah yang juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Salah satu bahan alami yang bisa kamu coba adalah kopi.

Kopi memiliki segudang manfaat untuk kulit wajah jika dijadikan sebagai masker. Kamu cukup mencampurkan kopi dengan air lalu diaplikasikan ke wajah selama 15 hingga 20 menit. Untuk manfaat yang lebih hebat, kamu juga bisa mencampurkan kopi dengan madu, lemon, atau lidah buaya. Ada beberapa manfaat kopi yang digunakan untuk masker, yuk kita simak beberapa di antaranya:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu penyebab wajah yang terlihat kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Jika kamu rutin menggunakan masker kopi, sel kulit pun akan terangkat dan wajah terlihat lebih segar dan juga cerah. Sebab, masker kopi dapat mengangkat sel kulit mati dengan sempurna. Hal ini bisa membuat wajah yang terasa kasar menjadi lebih halus dan lembut.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat

Manfaat masker kopi berikutnya untuk wajah yaitu menyamarkan bekas jerawat. Terkadang, bekas jerawat lebih menyebalkan dibanding jerawat itu sendiri. Noda hitam atau kemerahan yang ditinggalkan membuat wajah jadi kurang mulus. Untuk menyamarkannya, kamu bisa menggunakan masker kopi yang dicampur dengan madu. Dijamin bekas jerawat pun akan memudar.

3. Menghilangkan Lingkaran Hitam di bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata juga jadi satu hal yang sering mengganggu penampilan di wajah. Untuk menghilangkannya, Anda bisa membuat kopi tanpa gula, lalu gunakan ampasnya dan oleskan di bawah mata. Lakukan dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar biasanya menyebabkan wajah berminyak yang bisa menimbulkan komedo dan juga jerawat. Nah, menggunakan masker kopi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah, sekaligus mengecilkan pori-pori. Komedo dan jerawat pun akan menjauh dari wajah Anda.

5. Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Kopi dikenal dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Masker kopi dapat mengatasi masalah kulit wajah yang diakibatkan oleh sinar UV dan juga radikal bebas.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kopi lain adalah menghilangkan selulit untuk wajah. Jika dipakai rutin, masker kopi dapat mencegah dan menangani penuaan dini. Juga menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah dan membuat wajah terlihat lebih kencang.

Nah ternyata banyak sekali ya manfaat masker kopi untuk wajah. Yuk, segera dicoba maskernya dan rasakan manfaatnya!

Yuliana, Koordinator Gerakan Indonesia Madani (GIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *